Minggu, 02 Desember 2012

CARA PROGRAM MOTOROLA GP2000




Untuk Motorola GP 2000 memang yg tampil di layar hanya CH – 1 s/d 99 atau kalo sudah diberi nama , yg tampil di layar adalah Nama dari channel tsb…… , tapi juga ada yg sudah di program sejak awal pemakaian pesawat (VFO / Memory)…., silahkan dicoba menekan tombol A , B, C, atau D ( kegunaan masing-2 tombol tsb tidak sama antara pesawat yg satu atau yg lainnya …… tergantung setting awalnya , misalnya : A =VFOangka / Mem ; B= H/ L/ E ; C = PID ON/OF ; D = CH / Nama)
Untuk merubah angka (frekwensi) dari channel tsb ikuti langkah2 sbb :
1.Tekan tombol bulat (diatas tombol PTT) sambil radio di hidupkan …. akan muncul huruf RW pada layar.
2. Tekan tombol + / – , akan tampil CH-1 , CH2 , dst….. (kalo +/plus yg ditekan) ….. atau akan muncul VFO, CH99, CH88…..dst kalo tanda -/minus yg ditekan)
3. Misalnya kita mau merubah Frekwensi yg ada di CH 1…….
a. Tekan tombol PTT…. muncul CH ON
b. Tekan lagi tombol PTT….. akan muncul R …….. (mis : R 1435500)…. artinya kita mendengarkan pada frekwensi 143.550 MHz……. silahkan rubah dengan menekan keypad (ada 7 digit , yg paling akhir tekan angka 0)
c. Tekan lagi tombol PTT …… akan muncul T…….. artinya transmitnya ada di frekwensi tsb …… silahkan rubah spt urutan diatas(b)……
d. Kalo R & T dibuat angka sama , itu artinya untuk komunikasi point to point / direct , sedang kalo utk repeater , tentunya R & T angkanya berbeda , menyesuaikan Rx/Tx repeaternya .
e. Tekan lagi tombol PTT ……. akan muncul …. RPL 000…… itu frekw tone untuk receive . Kalo 000 artinya tanpa tone (sebaiknya RT tetap pada angka 000)
f. Tekan tombol PTT……. akan muncul CPL 000 (tanpa tone transmit) , atau mis : CT009 (ketika transmite akan mengandung tone 88,5) …….. merubah angka pada RPL / CPL dengan cara menekan tombol +/-
g. Tekan lagi tombol PTT utk mencari menu yg lain…….. dan utk memberi nama pada channel tsb , ketika di layar muncul TAG , tekan tombol +/- untuk memberi nama dengan cara tekan keypad , sesuai keinginan anda.
h. Tekan lagi PTT….. sampai ketemu CH-ON…….. baru radio di matikan , kemudian hidupkan lagi…….. ketika radio dihidupkan sehabis pemrograman selalu kembali ke CH-1.

Tidak ada komentar: